by

Partai Gerindra, PD, PKS, dan PAN Siap Lawan Jokowi

Titiknews.com – Partai Gerindra, PD, PKS, dan PAN siap lawan jokowi dalam pilpres 2019. Keempat partai tersebut bahkan sampai membentuk koalisi. Untuk rencana koalisi tersebut awalnya di bicarakan oleh Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan.

Hinca menyatakan bahwa partainya kembali membukan komunikasi kepada Partai Gerindra. “Komunikasi poros ketiga masih terus berlangsung, baik itu dengan PKS, PKB dan PAN, hingga sekarang kita mulai lagi dengan Gerindra, untuk ngobrol itu hal yang normal, dengan partai lain kita juga ngobrol,” ujar Hinca di Senayan, Jakarta.

Baca Juga Demokrat : Publik Harap SBY dan Prabowo Bersatu

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade pun tidak membantah soal rencana koalisi dari keempat partai tersebut. Namun untuk saat ini masih belum ada kesepakatan apapun yang telah dicapai.

Partai Gerindra, PD, PKS, dan PAN Siap Lawan Jokowi

“Nanti jika semua sudah separak koalisi, maka akan ada pertemuan antara Gerindra, PKS, PAN dan juga Demokrat,” kata Andre, selasa (22/05).

Andre pun melihat dari foto saat acara peringatan 20 tahun reformasi di DPR, rencana koalisi tersebut sangat terlihat dari keakraban antara elite Gerindra, PAN dan Demokrat.

Dia juga menghubungkan rencana dari koalisi keempat partai tersebut dengan pertemuan antara Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno dan Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, beberapa hari lalu.

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon juga memberikan tawaran kepada Partai Demokrat jika ingin berkoalisi. Namun Fadli tidak menyebutkan secara pasti posisi apa yang akan di dapat oleh Partai Demokrat.

Rencana ini pun semakin kuat disaat terdengar kabar pertemuan antara Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sama Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Berikutnya Wakil Ketua PKS Hidayat Nur Wahid juga menjelaskan bahwa Demokrat sudah menjalin komunikasi dengan partainya. Dimana komunikasi tersebut menyangkut hal pilpres 2019.

“Demokrat sudah ada komunikasi sama PKS, sama seperti Demokrat yang juga berkomunikasi sama Gerindra, Gerindra dengan PKS,” ujar Hidayat.

Namun PKS meminta Demokrat harus legowo jika nanti kader PKS yang yang menjadi cawapres dari koalisi yang bakal terbentuk. “Saya harap Demokrat juga terbuka dalam menerima calon dari PKS,” sebut Hidayat.

Demokrat pun menanggapi harapan dari PKS tersebut “Kami sampai kan untuk PKS tidak perlu merespons pertemuan kami dengan Gerindra secara berlebihan. Santai saja biar waktu yang akan menjawab. Ingat pepatah, takkan lari gunung di kejar,” ujar Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahean.

Jadi apakah keempat koalisi ini terbentuk untuk melawan Jokowi di Pilpres 2019 nanti?

Sumber : detik.com

News Feed