by

Jokowi Ucapkan Terimakasih ke SBY, Sindiran Atau?

Titiknews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terimakasih kepada mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas selesainya pembangunan dari Bandara Kertajati, Majalengka. Menurut penilaian, sebenarnya yang diucapkan jokowi itu mengandung sindiran atau tidak?.  Jokowi Ucapkan Terimakasih ke SBY, Sindiran Atau?.

Ungkapan terimakasih tersebut di tuliskan Jokowi melalui akun sosial media Instagram nya, Kamis (24/05). Dalam ungkapan yang di post Jokowi di Instagram nya itu terdapat kata “Satu Dekade” sebagai keterangan dari durasi pengerjaan proyek tersebut.

Berita Terbaru IndonesiaFadli Zon : Ketimbang Tambah THR PNS, Mending Beri Tunjangan Honorer

“Saya ucapkan terima kasih pada Pak Susilo Bambang Yudhoyono, Pak Ahmad Heryawan dan jajarannya yang sudah mencanangkan sejak lebih dari satu dekade lalu. Beliau, keduanya menjadi bagian tidak terpisahkan terwujudnya bandara kebanggaan warga Jawa Barat. ” ungkap Jokowi dalam akun Instagram nya, Kamis (24/05/2018).

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengomentari ucapan terimakasih yang diungkapkan Jokowi kepada SBY dan Ahmad, untuk ungkapan tersebut bisa maknai dengan bermacam-macam. Yang pertama, kalimat Jokowi tersebut bisa dimaknai sebagai ungkapan yang benar-benar tulis tanpa ada tendensi untuk menyentil siapapun.

“Ucapan terimakasih dari Jokowi itu bisa juga merupakan ungkapan terimakasih dan penghargaan atas adanya ide untuk membuat bandara yang jauh dari Bandung. in the middle of nowhere itu adalah ide yang berani, dan untuk Jokowi hanya melanjutkan saja,” ujar Djayadi.

Kedua kalimat dari Jokowi itu bisa kita simpulkan sebagai satire versi halus. Yang berarti Proyek Bandara Kertajati ini tidak jadi-jadi dalam satu dekade dan Jokowi bisa menyelesaikan hanya dengan waktu beberapa tahun saja. Jokowi Ucapkan Terimakasih ke SBY, Sindiran Atau?

“Dan bisa juga itu adalah satire atau sindiran yang di ucapkan Jokowi, bandara kok memerlukan waktu yang sedemikian lama nya. Hanya dengan waktu 3 tahun saja masa pemerintahan Jokowi bisa menyelesaikannya,” sebut Djayadi.

Dilain sisi Ketua DPD Partai Demokrat Didik Mukrianto menilai proyek Bandara Kertajati ini merupakan bagian dari proyek cetak biru Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Tentu saja dalam proyek sebesar ini tidak dapat kita selesaikan dengan waktu sekejab. Dia juga tidak berpandangan adanya unsur satire dalam ucapan terimakasih dari Jokowi ke SBY tersebut.

Sumber : detik.com

News Feed